Kompresor
Torak Kompressor adalah
mesin/alat untuk memampatkan udara atau gas. Secara umum biasanya mengisap
udara, yang merupakan campuran beberapa gas dengan susunan 78% Nitrogren, 21%
Oksigen dan 1% campuran Argon, Carbon Dioksida, Uap Air, Minyak, dan lainnya.
Namun ada juga kompressor yang mengisap udara/gas dengan tekanan lebih tinggi
dari tekanan atmosfer dan biasa disebut penguat (booster). Sebaliknya
ada pula kompressor yang menghisap udara/gas bertekanan lebih rendah dari
tekanan atmosfer dan biasanya disebut pompa vakum.
Fungsi
kompresor adalah untuk menaikkan tekanan
suatu gas. Tekanan gas dapat dinaikkan dengan mengurangi volumenya. Ketika
volumenya dikurangi, tekanannya naik.
Karena proses pemampatan, udara
mempunyai tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara
lingkungan (1atm). Dalam keseharian, kita sering memanfaatkan udara mampat baik
secara langsung atau tidak langsung. Sebagai contoh, udara mampat yang
digunakan untuk mengisi ban mobil atau sepeda motor, udara mampat untuk
membersihkan bagian-bagian mesin yang kotor di bengkel-bengkel dan manfaat lain
yang sering dijumpai sehari-hari.
Pada industri, penggunaan kompresor
sangat penting, baik sebagai penghasil udara mampat atau sebagai satu kesatuan
dari mesin-mesin. Kompresor banyak dipakai untuk mesin pneumatik, sedangkan
yang menjadi satu dengan mesin yaitu turbin gas, mesin pendingin dan lainnya.
Dengan mengambil contoh kompresor
sederhana, yaitu pompa ban sepeda atau mobil. Jika torak pompa ditarik keatas,
tekanan di bawah silinder akan turun sampai di bawah tekanan atmosfer sehingga
udara akan masuk melalui celah katup hisap yang kendur. Katup terbuat dari
kulit lentur, dapat mengencang dan mengendur dan dipasang pada torak. Setelah
udara masuk pompa kemudian torak turun kebawah dan menekan udara, sehingga
volumenya menjadi kecil.
Tekanan menjadi naik terus sampai
melebihi tekanan di dalam ban, sehingga udara mampat dapat masuk ban melalui
katup. Karena diisi udara mampat terus menerus, tekanan di dalam ban menjadi
naik. Jadi jelas dari contoh tersebut, proses pemampatan terjadi karena
perubahan volume pada udara yaitu menjadi lebih kecil dari kondisi awal.
Jenis-jenis
Kompresor
Kompresor Piston (bolak-balik)
terdiri dari 3 jenis:
1. Kompresor Piston Aksi Tunggal
Kompresor piston dengan hanya mempunyai satu silinder, dengan gerakan torak yang bolak balik di dalamnya.
2. Kompresor Piston Aksi Ganda
Kompresor piston dengan mempunyai jumlah silinder lebih dari satu, dibuat dengan maksud untuk memperoleh kapasitas yang lebih besar atau tekanan yang lebih besar.
3. Kompresor Diafragma
Kompresor diafragma ini termasuk ke dalam jenis kompresor torak. Penempatan torak dipisahkan dengan ruangan penyedotan oleh sebuah diafragma. Kompresor jenis ini banyak digunakan dalam industri bahan makanan, industri farmasi dan kmia.
Prinsip kerja dari kompresor ini ialah dengan cara mengatur katup masukan udara dan diisap oleh torak yang gerakannya naik turun sesuai dengan bentuk katup.
1. Kompresor Piston Aksi Tunggal
Kompresor piston dengan hanya mempunyai satu silinder, dengan gerakan torak yang bolak balik di dalamnya.
2. Kompresor Piston Aksi Ganda
Kompresor piston dengan mempunyai jumlah silinder lebih dari satu, dibuat dengan maksud untuk memperoleh kapasitas yang lebih besar atau tekanan yang lebih besar.
3. Kompresor Diafragma
Kompresor diafragma ini termasuk ke dalam jenis kompresor torak. Penempatan torak dipisahkan dengan ruangan penyedotan oleh sebuah diafragma. Kompresor jenis ini banyak digunakan dalam industri bahan makanan, industri farmasi dan kmia.
Prinsip kerja dari kompresor ini ialah dengan cara mengatur katup masukan udara dan diisap oleh torak yang gerakannya naik turun sesuai dengan bentuk katup.
Konstruksi
Kompresor Torak
Dalam modul ini hanya akan dibahas
khusus konstruksi kompresor torak/piston, karena pada umumnya kompresor udara
yang digunakan dalam bidang kerja otomotif skala menengah-kecil adalah
kompresor torak/piston.
Kompresor biasa kita jumpai dibengkel-bengkel kecil sebagai penghasil udara mampat
untuk keperluan pembersih kotoran dan pengisi ban sepeda motor atau mobil.
Prinsip kerjanya sama dengan pompa ban, yaitu memampatkan udara di dalam
silinder dengan torak. Perbedaanya terletak pada katupnya, kedua katup dipasang
dikepala silinder, dan tenaga penggeraknya adalah motor listrik.
Tangki udara
berfungsi sama dengan ban yaitu sebagai penyimpan energi udara mampat.
Kompresor torak atau kompresor
bolak-balik pada dasarnya adalah mengubah gerakan bolak-balik torak/piston.
Gerakan ini diperoleh dengan menggunakan poros engkol dan batang penggerak yang
menghasilkan gerak bolak-balik pada torak.
Gerakan torak akan menghisap udara
ke dalam silinder dan mmampatkannya. Lankah kerja kompresor torak hampir sama
dengan komsep kerja motor torak.
Langkah Kerja Kompresor Torak:
1. Langkah
Hisap
2. Langkah
Kompresi
Langkah kompresi terjadi saat torak bergerak TMB ke TMA, katup hiasap dan katup
keluar tertutup sehingga udara dimampatkan di dalam silinder.
3. Langkah
Keluar
Kompresor
Torak Kerja Ganda
Kompresor torak kerja ganda proses
kerjanya tidak berbeda dengan kerja tunggal. Pada kerja ganda, setiap gerakan
terjadi sekaligus langkah penghisapan dan pengkompresian. Dengan kerja ganda,
kerja kompresor menjadi lebih efisien dan udara yang disimpan lebih banyak.
Sumber : Wikipedia
Poetera Jaya Diesel
Phone: +6221 7411933
+62217498529
Email: Service@poeterajayadiesel.com
Marketing@poeterajayadiesel.com
website: http://poeterajayadiesel.com
Rental genset
Service genset
Jual genset
Spareparts genset
service mesin kapal laut
No comments:
Post a Comment